Sabtu, 15 September 2012

Makna Dibalik Epidemiologi



           Mungkin sebagian orang di luar sana sangat paham dengan istilah epidemiologi. Berbeda dengan saya yang sangat asing dengan kata epidemiologi. Memang bukan di fkm pertama kali saya mendengar istilah ini. Namun apalah makna sebuah kata dalam kalimat toh kita masih bisa paham meski  tidak mengerti makna dari satu kata kan? Awal semester satu di fkm undip lah saya mulai terbiasa dengan kata epidemiologi, tapi saya hanya memahami epidemiologi dengan sangat simpel. Epidemiologi itu ya berhubungan dengan masalah kesehatan lah, dalam hati saya mencerna. Semakin tinggi semester, saya menyadari makna epidemiologi yang saya cerna kurang tepat dan kurang dalam. Nah, masuklah saya di semester tiga ya semester yang mata kuliahnya menentukan nasib peminatan saya, salah satunya dasar epidemiologi. Menurut saya epidemiologi adalah suatu studi mengenai penyebaran penyakit dan kesehatan manusia di suatu wilayah yang luas.   Sedangkan menurut ahli B B Gertsman dalam bukunya yang berjudul epidemiology kept simple (1998) mengatakan epidemiology is the core science of public health. Jadi, dapat saya simpulkan bahwa ilmu kesehatan masyarakat sangat memerlukan epidemiologi dalam mengatasi permasalahan kesehatan baik di lingkungan maupun pribadi individu. Sekianlah tulisan saya ini kuranya dapat menambahkan lagi pengetahuan calon-calon sarjana kesehatan masyarakat.  
jadi apa epidemiologi menurutmu? :)

1 komentar: